Apakah Peserta Bisa Pindah Kelas BPJS Kesehatan? Ini Penjelasannya!

By Categories : Panduan BPJS

Peserta BPJS Kelas III atau Kelas II bisa mengajukan pindah kelas BPJS ke kelas 2 atau kelas 1 dengan syarat dan cara yang mudah. Pindah kelas BPJS yang dimaksud di sini adalah pindah paket BPJS dari kelas 2 ke kelas 1, dari kelas 3 ke kelas 2, dari kelas 3 ke kelas 1 atau sebaliknya.

Jika peserta memutuskan untuk pindah kelas BPJS Kesehatan, maka kewajiban iuran bulanan dan hak kamar rawat inap di rumah sakit jadi berubah.

Besar iuran BPJS

  1. Besar iuran BPJS kelas 1 : Rp. 59.500 per orang per bulan
  2. Besar iuran BPJS kelas 2 : Rp. 42.500 per orang per bulan
  3. Besar iuran BPJS kelas 3 : Rp. 25.500 per orang per bulan

Update:

Tarif baru iuran BPJS Kesehatan

a. Kelas 1 = Rp. 59.500 naik jadi Rp. 80.000,-

b. kelas 2 = Rp. 42.500 naik jadi Rp. 51.000,-

c. kelas 3 = Rp. 25.500

Layanan pengobatan rawat jalan peserta BPJS Kesehatan kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 tidak jauh berbeda. Yang membedakannya adalah ketika dirawat inap, masing-masing kelas BPJS Kesehatan akan menerima hak kamar sesuai kelas BPJS masing-masing.

pindah kelas bpjs kesehatan kelas 3 ke kelas 2 atau kelas 1

Pindah Kelas BPJS Kesehatan (Pict. by Kompasiana.com)

Perbedaan BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3 di ruang rawat inap:

  • Peserta BPJS kelas 3 akan dirawat di kamar perawatan yang ditempati oleh 4-6 orang.
  • Peserta BPJS Kelas 2 akan dirawat inap di kamar kelas 2 yang diisi sekitar 3-5 orang.
  • Peserta BPJS Kelas 1 akan dirawat inap di kamar perawatan kelas 1 yang diisi sekitar 2-4 orang.

Setiap rumah sakit memiliki fasilitas dan kapasitas yang berbeda setiap kamarnya.

Apakah peserta BPJS Kesehatan boleh pindah ruang rawat inap?

Peserta BPJS Kesehatan kelas 2 boleh mengajukan naik kelas 1 kamar rawat inap di rumah sakit. Pembayarannya hanya dibebankan selisihnya (lebihnya) saja. Misalnya jika biaya pengobatan di kelas 2 Rp. 1 juta, karena pindah ruang perawatan ke kelas 1 biaya menjadi Rp. 1,5 juta. Maka pasien yang bersangkutan, harus membayar lebihnya yaitu Rp. 500 ribu.

Sedangkan peserta BPJS kelas 3 tidak bisa pindah ke kamar rawat inap kelas 2 atau kelas 1. Selengkapnya silakan baca Peserta BPJS Kelas 2 Bisa Naik ke Ruang Perawatan Kelas 1, Bagaimana Dengan Kelas 3?.

Update:

“Dulu kelas 3 yang membutuhkan perawatan di kelas 1 misalnya, dulu nggak bisa. Karena tidak boleh ada diskriminasi dalam hal itu, maka yang bersangkutan dibolehkan di kelas 1. Jadi masuk sebagai anggota iuran kelas 3 tetapi dalam perjalanan ketika sakit butuh perawatan kelas 1, sekarang diperbolehkan” (Pikiran-Rahyat.com)

Syarat pindah kelas BPJS Kesehatan

Dokumen persyaratan untuk mengajukan pindah kelas BPJS dari kelas 3 ke kelas 2 atau dari kelas 2 ke kelas 1 adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP
  • Sudah menjadi peserta BPJS minimal 1 tahun

Cara pindah kelas BPJS Kesehatan

Lengkapi semua persyaratan pindah kelas BPJS Kesehatan, lalu bawa dokumen tersebut ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota Anda, silakan hubungi petugas bagian perubahan data. Jika belum tahu, Anda bisa bertanya kepada Satpam.

Jika belum 1 tahun menjadi peserta, apakah bisa pindah kelas BPJS Kesehatan?

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, bagi yang belum 1 tahun menjadi peserta, orang tersebut tidak bisa pindah kelas BPJS Kesehatan.

Demikianlah penjelasan mengenai persyaratan dan cara pindah kelas BPJS Kesehatan, silakan share ke facebook, twitter dan google plus. Semoga bermanfaat!

Apakah Peserta Bisa Pindah Kelas BPJS Kesehatan? Ini Penjelasannya! | RumahBPJS.com | 4.5