BPJS Kesehatan Buka Program Donasi JKN-KIS

By Categories : Berita BPJS

BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan program donasi untuk membantu fakir miskin dan orang tidak mampu untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah).

Menurut keterangan dari situs resmi BPJS Kesehatan, kerjasama penggalangan dana tersebut sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor 24 tahun 2011 pasal 11 ayat h, bahwa “Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, BPJS berwenang untuk melakukan kerja sama dengan pihak lain dalam rangka penyelenggaraan program Jaminan Sosial”.

BPJS Kesehatan Buka Program Donasi JKN-KIS

Di situs Baznas juga ditulis, sebanyak 27,76 juta jiwa di Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. Akses terhadap layanan dasar dan kesehatan menjadi hal yang utama untuk dapat terus melangsungkan kehidupan. Sebagai upaya pembelaan terhadap dhuafa yang membutuhkan manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BAZNAS dan BPJS Kesehatan menginisiasi kerjasama penggalangan dana.

Siapapun, termasuk Anda dapat memberikan donasi mulai Rp. 10.000 melalui website Baznas.go.id. Saat postingan dipublish (5/4/2017), baru terkumpul dana sebesar Rp. 3.314.210,00 dari target Rp. 125.000.000,00 dengan siswa waktu 86 hari.

Penerima manfaat dari program donasi JKN-KIS ini adalah dhuafa peserta JKN kelas 3 yang memiliki masalah kemampuan membayar iuran. Hasil donasi yang terkumpul setiap 3 bulan sekali akan digunakan untuk membiayai peserta kelas 3 PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) yang memiliki permasalahan kemampuan membayar iuran dan telah menunggak selama minimal 3 bulan untuk selanjutnya diaktifkan kembali kepesertaannya untuk satu tahun ke depan.

Adapun penentuan peserta ini adalah hasil verifikasi oleh BAZNAS melalui surat keputusan resmi.

BPJS Kesehatan Buka Program Donasi JKN-KIS | RumahBPJS.com | 4.5