Cara Daftar BPJS Bagi Calon Peserta yang Belum Punya KTP

By Categories : Pendaftaran

Cara Daftar BPJS Bagi Calon Peserta yang Belum Punya KTP pada dasarnya sama dengan cara daftar BPJS Kesehatan perorangan/ mandiri bagi yang sudah punya KTP, yakni datang ke kantor BPJS terdekat lalu mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan berkas persyaratan lalu membayar iuran bulanan ke bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa KTP merupakan syarat yang harus diserahkan ke petugas Kantor BPJS Kesehatan ketika daftar BPJS Kesehatan secara offline.

cara daftar BPJS Kesehatan bagi yang belum punya KTP

Cara daftar BPJS Kesehatan bagi yang belum punya KTP

Syarat daftar BPJS Kesehatan:

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/ Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar.

Cara daftar BPJS Kesehatan bagi yang belum punya KTP:

Sesuai aturan BPJS Kesehatan, bahwa seluruh anggota keluarga yang namanya tercantum dalam Kartu Keluarga harus didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Jika Anda atau anggota keluarga yang lain masih anak-anak atau di bawah umur 17 tahun dan belum punya KTP, maka berkas yang diserahkan ke petugas hanya fotokopi Kartu Keluarga dan pasfoto, dengan catatan nama anak yang belum punya KTP tadi tertulis dalam Kartu Keluarga.

Setelah mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan persyaratan, Anda akan memperoleh virtual account (VA). Silakan pergi ke Bank Mandiri, BNI atau BRI untuk membayar iuran bulanan BPJS. Serahkan bukti pembayaran iuran dari bank ke petugas BPJS Kesehatan untuk mendapat cetak kartu BPJS.

Rincian pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan:

  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 3 sebesar Rp. 25.500,- (dua puluh lima ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.
  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 2 sebesar Rp. 42.500,- (empat puluh dua ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 1 sebesar Rp. 59.500,- (lima puluh sembilan ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Update:

Tarif baru iuran BPJS Kesehatan

a. Kelas 1 = Rp. 59.500 naik jadi Rp. 80.000,-

b. Kelas 2 = Rp. 42.500 naik jadi Rp. 51.000,-

c. Kelas 3 = Rp. 25.500

Bagaimana kalau daftar BPJS Online untuk yang belum punya KTP?

Saat mengisi nomor NIK, cukup memasukkan nomor Kartu Keluarga pada kolom yang tersedia.

Silakan baca : Cara daftar BPJS Kesehatan Online Terbaru 2016

Perlakuan bagi yang tidak punya KTP di atas, tidak berlaku untuk orang dewasa yang belum punya KTP. Jika Anda sudah memenuhi batas usia minimal untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk, maka Anda wajib membuat KTP terlebih dahulu. Sebaiknya membuat KTP itu jangan menunggu dibutuhkan, buatlah dari sekarang karena sewaktu-waktu akan diperlukan.

Demikianlah cara daftar BPJS Kesehatan bagi yang belum punya KTP. Silakan share ke teman Anda di facebook, twitter dan google plus. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Cara Daftar BPJS Bagi Calon Peserta yang Belum Punya KTP | RumahBPJS.com | 4.5