Cara Daftar BPJS Kesehatan Bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI)

By Categories : Pendaftaran

Cara Daftar BPJS Bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) pada dasarnya sama dengan calon peserta lain seperti Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau calon peserta BPJS bukan pekerja.

Bedanya, BPJS Kesehatan PBI iurannya ditanggung oleh pemerintah. Oleh karena itu, calon peserta BPJS Kesehatan PBI tidak perlu menyiapkan buku rekening bank saat daftar BPJS Kesehatan.

Bantuan Iuran adalah Iuran program Jaminan Kesehatan bagi Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu yang dibayar oleh Pemerintah. Dana kepesertaan BPJS bagi PBI ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Penerima bantuan iuran / PBI pendaftaran BPJS nya ditanggung oleh pemerintah. Yang termasuk penerima bantuan iuran adalah fakir miskin dan orang tidak mampu yang ditetapkan pemerintah pusat berdasarkan hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) yang diverifikasi dan divalidasi oleh Kementerian Sosial.

Yang dimaksud fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya.

Sedangkan yang dimaksud orang tidak mampu adalah orang yang mempunyai sumber mata pencaharian, gaji atau upah, yang hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar yang layak namun tidak mampu membayar Iuran bagi dirinya dan keluarganya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2012, BAB IV tentang Pendaftaran Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan, dalam Pasal 7 disebutkan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan mendaftarkan jumlah nasional PBI Jaminan Kesehatan yang telah ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) sebagai peserta program Jaminan Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.

Selain itu, di daerah-daerah yang mengintegrasikan program jaminan kesehatan daerah (jamkesda) ke program JKN, ada juga peserta BPJS kategori Penerima Bantuan Iuran yang didaftarkan oleh pemerintah daerah berdasarkan SK Gubernur/Bupati/Walikota.

cara daftar BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Cara daftar BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran/ PBI (Pict. lampung.tribunnews.com)

Syarat pembuatan kartu BPJS PBI

  1. Fotokopi KK dan KTP seluruh anggota keluarga
  2. Surat keterangan tidak mampu dari RT dan Desa/Kelurahan
  3. Surat Pengantar pembuatan kartu BPJS PBI dari Puskesmas

Cara daftar BPJS Kesehatan untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Setelah persyaratan dokumen sudah lengkap, pergilah ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Pada kunjungan pertama ini biasanya Anda akan diberi jadwal, karena yang daftar BPJS Kesehatan jumlahnya cukup banyak. Pada kunjungan ke kantor BPJS yang telah ditentukan, Anda sudah bisa membawa pulang Kartu BPJS Kesehatan PBI.

Demikianlah informasi mengenai pendaftaran BPJS Kesehatan bagi penerima bantuan iuran (PBI). Jika Anda suka dengan informasi ini, silakan share ke facebook, google plus atau twitter agar lebih banyak lagi orang mengetahui hal ini.

Jika terdapat kesalahan, silakan koreksi di kolom komentar atau kirim pesan via alamat email yang tertera di laman kontak. Terima kasih.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) | RumahBPJS.com | 4.5