Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)

Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja bukan penerima upah (BPU) pada dasarnya sama dengan cara daftar BPJS Ketenagakerjaan Offline maupun online program lainnya. Namun dalam artikel ini akan dijelaskan secara detil pengertian BPU, persyaratan, manfaat dan cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan bukan penerima upah (BPU). Selamat menyimak!

Pengertian Bukan Penerima Upah (BPU)

Pekerja Bukan Penerima Upah atau disingkat BPU adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut.

Yang termasuk kategori BPU antara lain pemberi kerja, pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri dan pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan penerima upah. Contohnya seperti tukang ojek, supir angkot, pedagang keliling, dokter, pengacara/advokat, artis, dan lain-lain.

Apakah perorangan bisa daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Intinya, BPU adalah pekerja yang tidak bekerja pada orang lain. Jadi kalau Anda seorang wirausahawan, Anda bisa mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan program Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Pekerta BPU juga dapat mendaftar sendiri langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau daftar melalui mitra yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Untuk BPU

Jenis program yang bisa diikuti dan manfaat yang akan diperoleh oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU adalah:

Program Manfaat Iuran
Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Biaya pengangkutan tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja, biaya perawatan medis, biaya rehabilitasi, penggantian upah Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), santunan cacat tetap sebagian, santunan cacat total tetap, santunan kematian (sesuai label), biaya pemakaman, santunan berkala bagi yang meninggal dunia dan cacat total tetap 1% (berdasarkan nominal tertentu sesuai kemampuan penghasilan)
Jaminan Kematian (JK) Biaya pemakaman dan santunan berkala Rp. 6.800,-
Jaminan Hari Tua (JHT) Keseluruhan iuran yang telah disetor, beserta hasil pengembangannya 2% (berdasarkan nominal tertentu sesuai kemampuan penghasiln)

Nominal tabel dasar upah silakan download di sini.

cara daftar bpjs ketenagakerjaan offline untuk BPU

Sumber: http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Syarat dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)

Syarat:

  • Mempunyai NIK (Fotokopi KK & KTP)
  • Mengisi formulir F1 BPU untuk pendaftaran wadah/Kelompok/Mitra Baru.

Cara Daftar Offline:

Bawa persyaratan seperti tersebut di atas ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda. Atau bisa juga menghubungi mitra atau Payment Point(Aggregator/Perbankan) yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan BPU dapat dilakukan sendiri oleh peserta atau melalui Wadah/Mitra/Payment Point/Aggregator/Perbankan) selama bulanan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun sekaligus.

Baca: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online untuk Perorangan atau Mandiri

Demikianlah panduan membuat atau mendaftar peserta BPJS Ketenagakerjaan offline untuk pekerja BPU, semoga bermanfaat.

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) | RumahBPJS.com | 4.5