Cara Membedakan Kartu BPJS Kesehatan Palsu dan Asli

By Categories : Panduan BPJS

Cara Membedakan Kartu BPJS Kesehatan Palsu dan Asli, Maraknya kartu BPJS Kesehatan palsu di Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi baru-baru ini membuat masyarakat, terutama peserta BPJS Kesehaan, resah. Peredaran kartu BPJS Kesehatan palsu terungkap saat kartu BPJS Kesehatan milik Budiyanto (36) dari Kecamatan Padalarang, ditolak RSUD Cibabat, Kota Cimahi.

Ketua RT 03, Ade menuturkan “Untuk buat kartu BPJS itu warga bayar Rp 100 ribu per orang. Sekali bayar kartu itu berlaku selama dua tahun. Tapi saat mau digunakan oleh Pak Budiyanto yang terkena penyakit meningitis, ternyata kartu BPJS itu tidak bisa digunakan karena Pak Budiyanto tidak terdaftar sebagai peserta BPJS,” dikutip JPNN, Minggu (24/7).

Baca juga: Tarif Iuran BPJS Kesehatan Pasca Naik 1 April 2016

Direktur utama rumah sakit CIbabat, Trias Nugrahadi, menyatakan kartu BPJS Kesehatan palsu itu tampilannya mirip dengan kartu BPJS Kesehatan asli. Namun, sistem tidak dapat membaca nomor dan barcode pada kartu BPJS palsu tersebut.

Kepala Departemen Komunikasi Eksternal dan Humas BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, mengatakan “Kartu BPJS Kesehatan palsu tidak akan teridentifikasi dalam master file BPJS Kesehatan karena nama peserta dan nomor kartu akan berbeda sehingga tidak bisa digunakan,” dikutip detik.

Irfan menambahkan, “kartu dan permintaan informasi harap tidak melalui calo. Hubungi kantor BPJS Kesehatan terdekat atau call center 1500400, 24 jam.”

Baca juga: Cara daftar BPJS Kesehatan Online Terbaru 2016

Lalu muncul pertanyaan, apa perbedaan BPJS Kesehatan asli dan palsu? Atau bagaimana cara membedakan kartu BPJS Kesehatan palsu dan asli?

Cara Membedakan Kartu BPJS Kesehatan Palsu dan Asli

Perbedaan BPJS Kesehatan asli dan palsu, foto: Antara

Dilansir okezone, perbedaan BPJS Kesehatan asli dan paslu adalah sebagai berikut:

  1. Kartu BPJS Kesehatan perorangan yang asli di bagian depannya memiliki gambar pulau-pulau di Indonesia, sedangkan kartu BPJS palsu polos.
  2. Di balik kartu BPJS asli, tertera tiga peraturan pemakaian penggunaan kartu BPJS. Sedangkan kartu BPJS palsu, memiliki delapan peraturan penggunaan kartu yang disebut dalam peraturan tersebut, yakni E-id BPJS.
  3. Hasil cetak kartu asli jelas, sedangkan yang palsu nampak asal-asalan.
  4. Barcode BPJS palsu terlihat tidak beraturan atau berantakan.

Dilansir Republika, Kepala Kantor Cabang BPJS Cimahi Yudha Indrajaya mengaku telah melihat kartu BPJS palsu itu. Menurut dia, setelah dicek, nomor register pada kartu BPJS palsu tidak menyimpan data identitas pemilik kartu. Selain itu, ia juga menjelaskan, kartu BPJS Kesehatan yang asli memiliki tulisan e-ID di bagian atas pojok kiri.

Menurutnya, untuk membedakan kartu BPJS Kesehatan asli atau palsu, masyarakat bisa mengecek kartu BPJS Kesehatannya di Kantor Layanan Operasional Kabupaten (KLOK) untuk memastikan apakah kartu yang dimilikinya itu asli atau palsu.

Untuk mencegah kejadian serupa, pendaftaran harus dilakukan di kantor cabang atau secara online, atau juga di bank dan minimarket terdekat.

Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline Untuk Perorangan

Demikianlah cara membedakan kartu BPJS Kesehatan palsu dan asli. Semoga informasi ini bermanfaat.

****

Apakah menurut Anda artkel ini penting? Jika ya, silakan share ke Facebook, Google Plus atau Twitter agar tak ada lagi masyarakat yang jadi korban pemalsuan kartu BPJS Kesehatan.

Cara Membedakan Kartu BPJS Kesehatan Palsu dan Asli | RumahBPJS.com | 4.5