Cara Mengaktifkan Kembali Peserta BPJS Kesehatan yang Non Aktif Karena Telat Bayar Iuran

By Categories : Panduan BPJS

Peserta BPJS yang telah non aktif karena telah membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan bisa diaktifkan kembali dengan mudah dan tanpa denda, dengan syarat peserta tidak dirawat inap dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaannya aktif kembali.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan, mulai 1 Juli 2016 dalam hal keterlambatan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan lebih dari 1 (satu) bulan sejak tanggal 10, penjaminan peserta diberhentikan sementara.

Artinya kalau peserta membayar iuran melewati tanggal jatuh tempo pembayaran BPJS Kesehatan, peserta tidak akan dikenakan denda. Namun peserta tidak mempunyai hak menggunakan BPJS Kesehatan untuk berobat atau rawat inap karena jaminan pesertanya diberhentikan.

Cara Mengaktifkan Kembali Peserta BPJS Kesehatan yang Non Aktif Karena Telat Bayar Iuran

Bagaimana cara pengaktifan kembali peserta yang telah non aktif karena telah membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan?

Untuk mengaktifkan kembali peserta BPJS Kesehatan yang telah non aktif atau diblokir karena telat membayar iuran bulanan adalah melunasi tunggakannya.

Mulai 1 Juli 2016, membayar iuran bulanan tertunggak paling banyak untuk waktu 12 (dua belas) bulan dan membayar iuran pada bulan saat peserta ingin mengakhiri pemberhentian sementara jaminan peserta.

Namun, apabila dalam waktu 45 hari sejak kepesertaan BPJS Kesehatan aktif kembali peserta dirawat inap, peserta akan dikenakan denda sebesar 2,5% dari biaya rawat inap dikali lama bulan tertunggak dengan ketentuan tidak lebih dari 12 bulan atau maksimal denda Rp. 30 juta.

Info selengkapnya mengenai peraturan baru denda keterlembatan pembayaran iuran, silakan baca Kabar gembira, denda terlambat bayar iuran BPJS Kesehatan dihapus mulai 1 Juli 2016.

Oke, mudah bukan?

Sekali lagi, untuk mengaktifkan kembali peserta BPJS Kesehatan yang telah non aktif karena telat bayar iuran tinggal melunasi tunggakannya.

Demikianlah panduan tentang cara mengaktifkan kembali peserta BPJS Kesehatan yang non aktif karena terlambat bayar iuran. Semoga bermanfaat.

Cara Mengaktifkan Kembali Peserta BPJS Kesehatan yang Non Aktif Karena Telat Bayar Iuran | RumahBPJS.com | 4.5