Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Perorangan

By Categories : Panduan BPJS

Pindah kepesertaan BPJS Kesehatan dari perusahaan (Pekerja Penerima Upah) ke mandiri atau perorangan (Pekerja Bukan Penerima Upah) bisa terjadi pada mereka yang bekerja di perusahaan kemudian resign atau kena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Berdasarkan peraturan, calon peserta BPJS Kesehatan boleh mendaftar BPJS Kesehatan baik online maupun offline secara mandiri (perorangan) maupun didafarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline Untuk Perorangan

Peserta BPJS Kesehatan perorangan harus membayar iuran BPJS secara mendiri melalui bank atau PPOB yang ditunjuk, seperti bank BRI, Mandiri, BTN, BNI, Kantor Pos, Alfamart, atau Indomaret, sesuai dengan kelas kepesertaan BPJS Kesehatan masing-masing.

Baca juga: Daftar Nama Bank dan PPOB yang Menerima Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Peserta yang terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan akan dinonaktifkan dari kepsertaan dan secara otomatis dicabut hak kepesertaannya selama ia belum melunasi seluruh tunggakannya. Adapun peraturan mengenai denda keterlambatan bayar iuran BPJS Kesehatan, silakan baca aturan terbaru denda BPJS Kesehatan.

Sedangkan untuk peserta BPJS Kesehatan PPU (Pekerja Penerima Upah), yaitu peserta yang didaftarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja, mereka tidak perlu membayar iuran bulanan secara perorangan karena pembayaran iuran sudah ditanggung sepenuhnya oleh pihak perusahaan.

Namun ada juga perusahaan yang membebankan sebagian premi BPJS Kesehatan kepada peserta. Dalam hal ini tergantung peraturan perusahaan masing-masing yang tentunya harus mengacu kepada undang-undang atau peraturan pemerintah yang berlaku.

Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Perorangan

Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Perorangan, ilustrasi via detikcom

Apabila peserta PPU berhenti bekerja karena mengundurkan diri atau kena PHK, apakah peserta bisa pindah status BPJS Kesehatan dari perusahaan ke perorangan?

Jawabannya, bisa!

Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Perorangan

Untuk mengubah status kepesertaan BPJS Kesehatan dari PPU ke PBPU atau dari perusahaan ke mandiri harus dilakukan secara offline. Peserta datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, minta nomor antrean, kemudian setelah dipanggil silakan sampaikan maksud Anda kepada peutas untuk pindah status BPJS Kesehatan dari peserta PPU ke perorangan.

Adapun persyaratan pindah kepesertaan BPJS Kesehatan dari perusahaan ke perorangan adalah:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ SIM
  • Buku Tabungan
  • Foto ukuran 3 x 4
  • Kartu Peserta BPJS PPU

Setelah proses pindah status selesai, Anda bisa membayar iuran bulana BPJS Kesehatan secara mandiri.

Apabila petugas meminta Anda mendaftar ulang BPJS Kesehatan, coba konfirmasi lagi ke petugas karena nomor KTP Anda sudah terdaftar sebagai peserta PPU. Apabila petugas tetap menyarankan demikian, silakan ikuti petunjuknya.

Silakan baca: Cara Bayar BPJS Kesehatan melalui ATM BRI

Sesuai aturan, semua anggota keluarga yang tertera dalam kartu keluarga harus terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Maka apabila saat pindah status kepesertaan ada anggota keluarga Anda belum terdaftar, Anda harus mendaftarkannya bersama dengan Anda.

Demikianlah cara pindah dari BPJS Kesehatan perusahaan ke perorangan, semoga uraian ini bermanfaat.

Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Perorangan | RumahBPJS.com | 4.5