Cara Pindah Status BPJS Kesehatan dari Mandiri Ke Perusahaan (PPU)

By Categories : Panduan BPJS

Sebelumnya RumahBPJS.com sudah membahas cara pindah status kepesertaan BPJS Kesehatan dari perusahaan ke mandiri (perorangan). Nah kali ini sebaliknya, kami akan membahas bagaimana cara pindah status BPJS dari peserta mandiri ke perusahaan

Sebagaimana kita ketahui bahwa kepesertaan BPJS Kesehatan terdiri atas 3 kategori, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang sering disebut peserta mandiri atau perorangan dan Pekerja Penerima Upah (PPU) atau sering kita sebut peserta BPJS perusahaan.

Peserta PBI iuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah, peserta mandiri dibayar sendiri oleh peserta, sedangkan peserta PPU dibayar sepenuhnya atau sebagian oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Cara Pindah Status BPJS Kesehatan dari Mandiri Ke Perusahaan (PPU)

Bagaimana cara pindah status kepesertaan BPJS Kesehatan dari mandiri ke perusahaan?

Baik, jawaban dari pertanyaan di atas akan kita bahas sekarang.

Sebelum mengajukan pindah status BPJS dari mandiri ke perusahaan, terlebih dahulu peserta harus melengkapi sejumlah persyaratan, yaitu sebagai berikut:

  1. KK
  2. KTP
  3. Pas Foto 3 X 4
  4. Kartu BPJS Kesehatan mandiri

Setelah persyaratan tersebut dikumpulkan, selanjutnya silakan serahkan ke bagian HRD kantor perusahaan tempat Anda bekerja. Selanjutnya pihak perusahaan yang akan mengurus pemindahan kepesertaan Anda dari mandiri ke PPU.

Adapun mengenai pembayaran, peserta PPU biasanya ditanggung sepenuhnya atau sebagian oleh perusahaan. Untuk hal ini silakan tanyakan langsung ke perusahaan Anda.

Demikianlah cara pindah status peserta BPJS Kesehatan mandiri ke perusahaan, semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Pindah Status BPJS Kesehatan dari Mandiri Ke Perusahaan (PPU) | RumahBPJS.com | 4.5