Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu, Iuran BPJS Kesehatan Ditanggung Oleh Negara

By Categories : Berita BPJS

Iuran BPJS Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu dibayar oleh negara. Hal ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2012 tentang Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan.

Dalam BAB IV, pasal 7 disebutkan “Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan mendaftarkan jumlah nasional PBI Jaminan Kesehatan yang telah ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) sebagai peserta program Jaminan Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.”

Selanjutnya dalam pasal 8 disebutkan “BPJS kesehatan wajib memberikan nomor identitas tunggal kepada peserta Jaminan Kesehatan yang telah didaftarkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.”

Iuran BPJS Kesehatan untuk fakir miskin dan orang tidak mampu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). Hal ini tertulis dengan jelas dalam BAB V, pasal 9 “Pelaksanaan program Jaminan Kesehatan untuk PBI Jaminan Kesehatan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.”

Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu, Iuran BPJS Kesehatan Ditanggung Oleh Negara

Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu, Iuran BPJS Kesehatan Ditanggung Oleh Negara via www.gresnews.com

Yang dimaksud PBI adalah penerima bantuan iuran. Kriterianya dijelaskan dalam pasal 1 ayat (4) “Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan yang selanjutnya disebut PBI Jaminan Kesehatan adalah Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu sebagai peserta program jaminan kesehatan.”

Yang dimaksud dengan fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya (pasal 5).

Dan Orang Tidak Mampu adalah orang yang mempunyai sumber mata pencaharian, gaji atau upah, yang hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar yang layak namun tidak mampu membayar Iuran bagi dirinya dan keluarganya (pasal 6).

Penetapan fakir miskin dan orang tidak mampu telah diatur dalam BAB II pasal 2 asal (1) “Kriteria Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu ditetapkan oleh Menteri setelah berkoordinasi dengan menteri dan/atau pimpinan lembaga terkait.” dan ayat (2) “Kriteria Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi dasar bagi lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang statistik untuk melakukan pendataan.”

Baca juga : Cara Daftar BPJS Kesehatan Bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI)

Demikianlah informasi mengenai iuran BPJS Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tua mampu. Jika Anda suka dengan informasi ini, silakan share ke facebook, google plus atau twitter agar lebih banyak lagi orang mengetahui hal ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu, Iuran BPJS Kesehatan Ditanggung Oleh Negara | RumahBPJS.com | 4.5