Jumlah Iuran Bulanan BPJS Ketenagakerjaan Untuk Guru Honorer

Kabar baik untuk guru honorer, pasalnya BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan sosial bagi guru honorer jika terjadi resiko sosial seperti kematian atau kecelakaan. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan perlindungan jaminan hari tua terhadap guru honorer yang mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Besarnya iuran bulanan BPJS Ketenagakerjaan untuk guru honorer cukup terjangkau.  Iuran yang dibebankan kepada guru sekitar Rp. 36.800 setiap bulannya dengan rincian sebagai berikut:

  • JKM = Rp. 6.800,-
  • JKK = Rp. 10.000,-
  • JHT = Rp. 20.000,-

Jumlah Rp. 36.800,- per bulan.

iuran bpjs ketenagakerjaan untuk guru honorer

Iuran bulanan BPJS Ketenagakerjaan untuk guru honorer via bpjsketenagakerjaan.go.id

Dilansir laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikokol Tangerang, Irwan Ibrahim, mengatakan guru honorer merupakan sasaran untuk mendapatkan perlindungan melalui program di BPJS Ketenagakerjaan.

“Tujuannya adalah untuk memberi persamaan hak normatif antara guru swasta atau honorer dengan yang sudah menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Meski bukan hak secara keseluruhan,” terang Irwan.

Guru honorer yang ikut program BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat manfaat  Jaminan Kematian (JKM) jika ia meninggal, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) apabila mendapat musibah kecelakaan serta Jaminan Hari Tua (JHT) jika guru honorer sudah tidak bekerja lagi.

Dengan adanya program BPJS Ketenagakerjaan untuk guru honorer, diharapkan kesejahteraan guru honorer semakin meningkat.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan “Kami berharap dengan adanya program ini. Sebab jika sakit atau mendapatkan kecelakaan, peserta akan diringankan. Juga disaat meninggal dunia, ada santunan bagi ahli waris.”

Jumlah Iuran Bulanan BPJS Ketenagakerjaan Untuk Guru Honorer | RumahBPJS.com | 4.5