Pelayanan KB Ditanggung BPJS Kesehatan?

Apakah KB ditanggung BPJS Kesehatan? Dalam hal pelayanan KB, terdapat unsur pembiayaan KB yang ditanggung BPJS dan ada juga yang tidak dijamin.

Biaya KB yang ditanggung BPJS Kesehatan adalah pelayanan kesehatannya saja, seperti pemasangan alat KB atau konsultasi. Sedangkan pembelian alat KB tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Yang termasuk alat KB antara lain suntik (suntik KB 1 bulan, suntik KB 3 bulan), pil, IUD, impan, spiral. Nah untuk pembayaran alat-alat KB tersebut dibebankan kepada peserta. Kecuali ada program khusus (misalnya alat dan pemasangan KB gratis) dari Kementerian atau Dinas Kesehatan. Kasus program KB seperti ini tentunya sudah di luar tanggungan BPJS Kesehatan.

Pelayanan KB Ditanggung BPJS Kesehatan

Perlu diketahui bahwa pengertian KB (Keluarga Berencana) usaha untuk mengukur jumlah dan jarak anak yang diinginkan. Untuk dapat mencapai hal tersebut, maka dibuatlah beberapa cara atau alternatif untuk mencegah ataupun menunda kehamilan. Cara-cara tersebut termasuk kontrasepsi atau pencegahan kehamilan dan perencanaan keluarga (posyandu.org).

Tujuan orang menggunakan kontrasepsi antara lain menunda kehamilan, biasanya pada pasangan muda yang belum siap memiliki keturunan, memberi jarak kehamilan setelah melahirkan atau mengakhiri kehamilan.

Demikianlah penjelasan singkat pelayanan KB ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Pelayanan KB Ditanggung BPJS Kesehatan? | RumahBPJS.com | 4.5