Peraturan Baru Pindah Ruang Perawatan BPJS Kesehatan Kelas II dan III

By Categories : Panduan BPJS

Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan peraturan baru terkait pindah ruang perawatan BPJS Kesehatn kelas III dan kelas II. Sebelumnya, peserta BPJS kelas 3 tidak bisa naik kelas perawatan ke kelas 2 atau kelas 1. Golongan 3 ini hanya boleh dirawat di ruang perawatan kelas 3 saja.

Pertimbangannya karena kelas III merupakan masyarakat ekonomi kurang mampu, jika mereka naik kelas perawatan ke kelas II atau kelas I dianggap bisa merepotkan peserta itu sendiri. Sedangkan peserta BPJS kelas II bisa pindah ruang perawatan ke kelas 1.

Kebijakan itu sekarang tidak berlaku. Peserta BPJS Kesehatan Kelas III bisa minta pindah ruang perawatan ke kelas II atau kelas I. Begitu juga dengan peserta kelas II, bisa pindah ke ruang perawatan kelas I. Peserta akan dibebankan biaya selisihnya saja.

Misalnya, si A peserta BPJS Kesehatan kelas 3. Dia di rawat di rumah sakit kelas 3, namun karena satu dan lain hal, dia minta pindah ruang perawatan ke kelas kelas 1. Total biaya pengobatan di kelas 1 Rp. 5 juta, sedangkan biaya yang ditanggung keanggotaan BPJS kelas 3 hanya Rp. 3 juta. Maka dia hanya dibebankan biaya sebesar Rp. 2 juta.

Nominal tersebut hanya berupa contoh, bukan nominal yang sebenarnya.

Peraturan Pindah Ruang Perawatan BPJS Kesehatan Kelas II dan III

Image detikcom

Dikutip dari detikcom, Seskab Pramono Anung di komplek Istana, Jl Veteran, Jakpus, Kamis (31/3/2016) mengatakan Presiden memutuskan bahwa pemegang BPJS Kesehatan kelas 3, kini bisa mendapatkan pelayanan kesehatan kelas 1. Hal lebih detail akan diatur dalam Perpres secara rinci.

“Kalau dulu kelas 3 masuk di kelas 3 ketika dia sakit perawatannya masuk di kelas 1 misalnya, dulu nggak bisa. Karena tidak boleh ada diskriminasi, maka yang seperti itu yang bersangkutan diperbolehkan di kelas 1. Jadi iuran kelas 3 dalam perjalannya sakit dan perlu perawatan kelas 1 itu diperbolehkan,” jelas Pramono.

Menanggapi hal itu, Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi mengimbau agar para pengguna BPJS kelas I dan kelas II berbesar hati. Mereka diminta tidak bermigrasi ke kelas III jika mampu membayar iuran untuk kelas I atau kelas II.

“Kalau kita mengajak gunakan hati nurani. Ini kan sistem sharing. Kalau mampu membayar iuran kelas I atau kelas II kenapa harus ke kelas III,” kata Bayu dalam konferensi pers di kantor BPJS Kesehatan, Jl Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (1/4/2016).

Baca juga: Baru! Tarif Iuran BPJS Kesehatan Pasca Naik 1 April 2016

Demikianlah informasi mengenai peraturan pindah ruang perawatan BPJS Kesehatan kelas III dan kelas II ke kelas 1. Semoga info BPJS ini dapat bermanfaat.

Peraturan Baru Pindah Ruang Perawatan BPJS Kesehatan Kelas II dan III | RumahBPJS.com | 4.5