Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3 Berdasarkan Kelas Perawatan, Ruang Rawat Inap dan INA-CBGs

By Categories : Panduan BPJS

Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3 Pada dasarnya kelas perawatan BPJS Kesehatan untuk berobat jalan tidak ada perbedaan. Begitu pula dengan obat dan kualitas pelayanan, baik kelas 1, kelas 2 maupun kelas 3 akan mendapat pelayanan yang sama.

Perbedaan BPJS kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 adalah saat peserta dirawat di rumah sakit atau puskesmas yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Pasien BPJS kelas 1, 2 dan 3 yang dirawat inap akan ditempatkan di kamar perawatan yang berbeda, disesuaikan dengan paket kepesertaan BPJS.

Perbedaan Kelas Perawatan BPJS Kesehatan kelas 1, 2 dan 3

Seperti telah disebutkan di atas, biaya obat dan fasilitas BPJS kelas 1, 2 dan 3 tidak ada perbedaan ketika pasien berobat jalan. Jika pasien dirawat inap, perbedaan BPJS kelas I, II dan III adalah:

  • BPJS Kesehatan kelas 1 berhak menempati kamar rawat inap kelas 1. Kamar perawatan kelas 1 biasanya diisi oleh sekitar 2-4 pasien.
  • BPJS Kesehatan kelas 2 berhak menempati kamar rawat inap kelas 2. Kamar perawatan kelas 2 biasanya diisi oleh sekitar 3-5 pasien.
  • BPJS Kesehatan kelas 3 berhak menempati kamar rawat inap kelas 3. Kamar perawatan kelas 3 biasanya diisi oleh sekitar 4-6 pasien.

Fasilitas dan kapasitas kamar rawat inap di setiap rumah sakit mungkin akan berbeda. Ada rumah sakit yang menempatkan 2 bed pada kamar kelas 1, ada juga yang menempatkan 3 atau 4 bed. Jika pasien BPJS rawat inap banyak, mungkin satu kamar kelas 1 yang biasanya diisi oleh 2 pasien bisa jadi ditempati oleh 4 pasien.

perbedaan BPJS kelas 1, 2 dan 3 berdasarkan fasilitas kelas perawatan

Perbedaan Fasilitas BPJS Kesehatan Kelas 1, 2 dan 3 (Pict. Setkab.go.id)

Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3 pada hak naik kelas perawatan

  • Peserta BPJS Kesehatan kelas 1 boleh minta naik kelas perawatan ke ruang VIP
  • Peserta BPJS Kesehatan kelas 2 boleh pindah ruang perawatan ke kelas 1
  • Peserta BPJS Kesehatan kelas 3 tidak bisa pindah kelas perawatan ke kelas 2 maupun kelas 1

Selisih biaya akibat pindah kelas perawatan sesuai permintaan pasien akan dibebankan kepada pasien yang bersangkutan.

Selengkapnya silakan baca : Peserta BPJS Kelas 2 Bisa Naik ke Ruang Perawatan Kelas 1, Bagaimana Dengan Kelas 3?

Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3 berdasarkan tarif INA-CBGs

Tarif INA-CBGs adalah tarif klaim dari rumah sakit ke BPJS Kesehatan berdasarkan kelas BPJS Kesehatan sesuai jenis penyakit. Misalnya penyakit DBD, tarif INA-CBGs kelas 1 Rp. 3 juta, tarif kelas 2 Rp. 2 juta, dan tarif BPJS kelas 3 Rp. 1 juta (tarif klaim hanya contoh, bukan sebenarnya).

Itulah perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3 berdasarkan kelas perawatan, hak naik kelas perawatan dan tarif INA-CBGs. Silakan share artikel ini ke facebook, twitter dan google plus. Semoga bermanfaat!

Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3 Berdasarkan Kelas Perawatan, Ruang Rawat Inap dan INA-CBGs | RumahBPJS.com | 4.5