Peserta BPJS Kelas 2 Bisa Naik ke Ruang Perawatan Kelas 1, Bagaimana Dengan Kelas 3?

By Categories : Berita BPJS

Peserta BPJS Kelas 2 bisa mengajukan naik kelas 1 saat dirawat di rumah sakit. Hal ini diuangkapkan oleh Kepala Pemasaran BPJS Kesehatan cabang Singkawang, Juliantomo.

“BPJS Kesehatan akan memberlakukan pindah kelas bagi peserta yang terdaftar di kelas 2,” kata Juliantomo (dikutip RumahBPJS.com dari Antaranews.com).

Tapi pengajuan pindah kelas perawatan di rumah sakit hanya berlaku untuk peserta BPJS kelas II, sedangkan peserta BPJS kelas 3 tidak bisa mengajukan naik kelas 2 atau ke kelas 1, harena golongan paket BPJS kelas III dianggap kurang mampu oleh pemerintah.

Update:

“Dulu kelas 3 yang membutuhkan perawatan di kelas 1 misalnya, dulu nggak bisa. Karena tidak boleh ada diskriminasi dalam hal itu, maka yang bersangkutan dibolehkan di kelas 1. Jadi masuk sebagai anggota iuran kelas 3 tetapi dalam perjalanan ketika sakit butuh perawatan kelas 1, sekarang diperbolehkan” (Pikiran-Rahyat.com)

Misalnya ada pasien yang sakit dan harus rawat inap di Rumah Sakit, sepanjang pasien tersebut terdaftar di BPJS kelas 2, maka dia boleh naik ke ruang perawatan kelas 1.

Untuk pembayarannya, pasien hanya dibebankan membayar selisih atau biaya lebih dari paket BPJS kelas 2.

Jika di kelas 2 pasien dikenakan Rp. 1 juta, karena dia pindah ke kelas 1 biaya perawatan menjadi Rp. 1.5 juta, maka pasien yang bersangkutan cukup membayar lebihnya saja, yakni Rp. 500 ribu.

Peserta BPJS Kelas 2 Bisa Naik Perawatan ke Kelas 1

Peserta BPJS Kelas 2 Bisa Naik Perawatan ke Kelas 1 by jateng.tribunnews.com

Juliantomo juga mengimbau kepada masyarakat perseorangan atau perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan agar segera daftar BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline. Apalagi BPJS baru bisa digunakan untuk berobat setelah 14 hari sejak mendaftar.

Silakan baca :

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Terbaru 2016

Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline Untuk Perorangan Terbaru 2016

Menurut Juliantomo, BPJS ini sifatnya gotong royong.

“Semakin banyak orang yang mendaftar, maka semakin banyak pula orang yang membantu masyarakat tidak mampu,” katanya.

Besarnya jumlah iuran bulanan BPJS kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 3 sebesar Rp. 25.500,- (dua puluh lima ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.
  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 2 sebesar Rp. 42.500,- (empat puluh dua ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
  • sebesar Rp. 59.500,- (lima puluh sembilan ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Update:

Tarif baru iuran BPJS Kesehatan

a. Kelas 1 = Rp. 59.500 naik jadi Rp. 80.000,-

b. Kelas 2 = Rp. 42.500 naik jadi Rp. 51.000,-

c. Kelas 3 = Rp. 25.500

Silakan pikirkan baik-baik, kelas BPJS mana yang akan anda pilih. Jangan sampai setelah daftar, Anda ingin pindah kelas BPJS tapi tidak bisa karena terkendala peraturan yang berlaku.

Demikianlah informasi mengenai peserta BPJS Kelas 2 bisa mengajukan naik kelas perawatan ke kelas 1. Jika Anda suka dengan informasi ini, silakan share ke teman Anda di facebook, twitter dan google plus. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Peserta BPJS Kelas 2 Bisa Naik ke Ruang Perawatan Kelas 1, Bagaimana Dengan Kelas 3? | RumahBPJS.com | 4.5