Tanya Jawab Biaya Persalinan BPJS Kesehatan

By Categories : Panduan BPJS

Ada banyak pertanyaan mengenai peraturan BPJS Kesehatan terkait biaya persalinan atau melahirkan. Seperti: apakah bpjs menanggung biaya melahirkan? Apakah melahirkan ditanggung BPJS Kesehatan? Bagaimana prosedur melahirkan dengan BPJS? Apakah biaya persalinan ditanggung BPJS Kesehatan? dan lain sebagainya.

Baiklah, untuk menjawab rasa ingin tahu kita semua mengenai layanan bersalin dengan BPJS Kesehatan, silakan simak tanya jawab berikut ini.

biaya persalinan bpjs kesehatan

Ilustrasi Melahirkan dengan BPJS Kesehatan

Tanya jawab biaya persalinan yang ditanggung BPJS Kesehatan

1. Apakah persalinan ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

Persalinan merupakan benefit bagi peserta BPJS Kesehatan tanpa pembatasan jumlah kehamilan/persalinan yang dijamin oleh BPJS Kesehatan dan tidak dibatasi oleh status kepesertaan (peserta/anak/tertanggung lain).

Artinya, biaya persalinan akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

2. Apakah biaya pelayanan persalinan dapat ditagihkan secara klaim perorangan?

Pelayanan persalinan ditagihkan oleh fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan. Klaim perorangan untuk kasus persalinan baik yang dilakukan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama maupun yang tidak bekerja sama tidak diperbolehkan.

Maksudnya, klaim pembayaran ke pihak BPJS Kesehatan dilakukan oleh rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tempat Anda bersalin.

3. Dimanakah kasus persalinan dapat dilayani?

Pelayanan persalinan mengikuti sistem rujukan berjenjang. Apabila berdasarkan indikasi medis pasien dirujuk ke faskes rujukan tingkat lanjutan, pelayanan persalinan akan dijamin tanpa melihat kondisi persalinannya (normal atau penyulit).

Pada kondisi gawat darurat peserta dapat langsung ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan, adapun kriteria gawat darurat antara lain perdarahan, kejang pada kehamilan, ketuban pecah dini, dan kondisi lain yang mengancam jiwa ibu dan bayinya.

Penjelasan prosedur melahirkan dengan BPJS Kesehatan adalah sebelum langsung ke rumah sakit, pasien bersalin seharusnya ke puskesmas dulu. Kalau di puskesmas tidak bisa ditangani, pihak puskesmas akan langsung merujuk pasien ke rumah sakit.

4. Apakah pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan di RS, mengingat tidak semua Puskesmas atau bidan punya peralatan yang cukup?

Pelayanan pemeriksaan kehamilan mengikuti sistem rujukan berjenjang. Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat terdaftar atau jejaringnya.

Fasilitas kesehatan tingkat pertama dapat merujuk ke tingkat yang lebih tinggi sesuai indikasi medis, dan pemeriksaan kehamilan di Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan dapat dijamin.

Yang dimaksud fasilitas kesehatan tingkat pertama adalah setingkat puskesmas sedangkan fasilitas kesehatan lebih tinggi misalnya rumah sakit.

5. Apakah BPJS Kesehatan menanggung penyakit bawaan lahir?

Ditanggung, selama sesuai indikasi medis dan bukan termasuk dalam pelayanan yang tidak dijamin oleh Program JKN.

Demikianlaha tanya jawab seputar biaya persalinan BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Info BPJS Kesehatan Edisi XIII Tahun 2014

Tanya Jawab Biaya Persalinan BPJS Kesehatan | RumahBPJS.com | 4.5