USG Ibu Hamil Ditanggung BPJS Kesehatan, Berapa Kali?

Apakah USG ibu hamil ditanggung BPJS Kesehatan? Ibu hamil peserta BPJS Kesehatan akan mendapat sejumlah manfaat, salah satunya adalah pemeriksaan kehamilan termasuk biaya USG ditanggung BPJS Kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat pemeriksaan kehamilan dan layanan USG gratis, tentunya peserta harus mengikuti prosedur pengobatan menggunakan BPJS yang berlaku.

Kita tahu bahwa USG ibu hamil merupakan bagian dari pemeriksaan kehamilan. Dengan USG, ibu hamil dapat mengetahui kondisi kandungannya. Selain itu, ibu hamil dan suaminya dapat mengetahui jenis kelamin sang bayi sehingga dapat mempersiapkan nama dan peralatan bayi sebelum bayi tersebut lahir. Hasil USG memang akurat tetapi Tuhan berkuasa untuk berkehendak lain.

USG Ibu Hamil Ditanggung BPJS Kesehatan

USG merupakan singkatan dari Ultrasonography, artinya alat yang prinsip dasarnya menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang dapat didengar oleh telinga kita. Dengan alat USG, kita dapat memeriksa organ-organ tubuh dengan aman tanpa efek radiasi.

USG digunakan dalam dunia kedokteran secara luas. Dalam kasus kehamilan, USG digunakan oleh dokter spesialis kandungan untuk memperkirakan usia kehamilan dan hari persalinan.

Baca juga: Rincian Biaya Melahirkan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Jatah USG ibu hamil yang ditanggung BPJS Kesehatan adalah 1 kali saja. Penggunaannya harus berdasarkan rekomendasi atau rujukan dokter di faskes setempat, bukan atas permintaan peserta. Kecuali dalam keadaan darurat peserta bisa langsung datang ke rumah sakit terdekat.

Jatah 1 kali adalah jatah yang ditanggung BPJS. Peserta boleh saja melakukan USG lebih dari sekali, tetapi biayanya ditanggung oleh peserta.

Demikianlah, informasi USG ibu hamil yang ditanggung BPJS Kesehatan. Semoga info ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

USG Ibu Hamil Ditanggung BPJS Kesehatan, Berapa Kali? | RumahBPJS.com | 4.5