Cara Menambahkan Anggota Keluarga yang Belum Terdaftar BPJS Kesehatan

RumahBPJS.com, Banyak peserta BPJS Kesehatan yang bertanya-tanya, bagaimana cara menambahkan anggota keluarga yang belum terdaftar BPJS Kesehatan? Misalnya dalam kartu keluarga ada suami, istri dan 2 orang anak. Yang sudah terdaftar baru suami, sementara istri dan anak belum terdaftar.

Kasus seperti itu biasanya suami daftar BPJS Kesehatan sebelum diberlakukan ketentuan baru, dimana semua anggota keluarga dalam KK wajib didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Atau bisa juga karena saat daftar BPJS kesehatan online, data anggota keluarga yang muncul di formulir BPJS Kesehatan online hanya milik suami.

Jika terjadi hal seperti ini, Anda tidak bisa menambahkan anggota keluarga yang belum terdaftar jadi peserta BPJS Kesehatan via website (online).

Cara Menambahkan Anggota Keluarga yang Belum Terdaftar BPJS Kesehatan

Cara menambahkan anggota keluarga yang belum terdaftar BPJS Kesehatan mandiri/ perorangan harus datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan di kota Anda sambil menyerahkan berkas persyaratan sebagai berikut:

  1. Kartu KK
  2. EKTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik)
  3. Foto ukuran 3 x 4 berwarna
  4. Buku Rekening bank yang di gunakan saat mendaftar sebelumnya

Untuk menambahkan anggota keluarga yang belum punya KTP, silakan baca cara daftar BPJS Kesehatan bagi peserta yang belum punya KTP.

Sedangkan untuk peserta penerima upah bisa menghubungi HRD perusahaannya masing-masing.

Baca juga: Cara daftar BPJS Kesehatan offline untuk peserta mandiri

Jika terjadi sebaliknya, menghapus/ mengurangi peserta BPJS Kesehatan dari daftar keluarga akibat peserta yang bersangkutan meninggal dunia atau pindah KK (misalnya menikah ikut suami). Anda juga bisa datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Demikian cara menambahkan anggota keluarga yang belum terdaftar BPJS Kesehatan, semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih.